+7 Ide Produk Digital Dapat Di Jual Online

Produk digital menurut Wikipedia adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet.

Kamu mungkin bertanya-tanya: “Tapi, jenis produk digital apa yang laku di pasaran?” Yah, jenis produk apa yang Kamu bisa jual?

Jika Kamu memiliki sesuatu untuk dibagikan, Kamu dapat mengubahnya menjadi produk digital untuk dijual. Kamu dapat berbagi pengetahuan, bakat, pendapat, atau minat Kamu yang berpotensi menghasilkan uang.

1. Kursus Online (Belajar Online)

Kursus Online adalah industri yang kaya inovasi, dan tumbuh dengan momentum yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seiring pertumbuhannya, mulai banyak lembaga pendidikan tradisional mengeksplorasi cara-cara baru untuk membuat konten mereka tersedia bagi para pelajar. Untuk program pendidikan yang sudah ada, materi pembelajaran dapat dijual dalam beberapa cara berbeda:

Sebagai kursus satu materi yang dapat diunduh
Sebagai koleksi beberapa materi kursus yang dapat diunduh
layanan keanggotaan/berlangganan kursus berbasis web
Kursus sangat sering dijual dengan cara yang sama seperti produk digital lainnya, dan dengan alat yang sama, karena itu produk digital ini relatif mudah dijual. Beberapa program sepenuhnya otonom, sementara yang lain menawarkan interaksi dengan pengajar atau peninjau tugas. Banyak kursus menyediakan beberapa bentuk sertifikasi atau hadiah setelah berhasil menyelesaikan.

Kursus menjadi fondasi yang semakin populer atau komponen pelengkap untuk bisnis online, disebabkan oleh tren konsumen, dan Sistem Manajemen Pembelajaran yang terjangkau dan mudah digunakan. Mereka menawarkan outlet yang menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan atau keahlian, dan memungkinkan pendidik menjangkau khalayak luas tanpa dibatasi oleh geografi, teknologi, atau waktu.

2. Buku Elektronik (eBooks)

Buku elektronik telah menjadi salah satu produk digital paling populer baik bagi pembuat kontennya maupun pelanggannya. Produksi buku elektronik relatif sederhana karena hanya membutuhkan unsur teks tertulis dan beberapa gambar yang relevan. Buku elektronik mudah didistribusikan melalui marketplace besar atau toko online buatan sendiri. Mereka mudah digunakan oleh pelanggan dengan membacanya di e-reader, tablet, komputer, dan bahkan ponsel mereka.

Keindahan membuat eBook adalah Kamu dapat berbagi hampir semua hal yang Kamu ketahui, atau sukai, dalam bentuk teks. Kamu dapat mendidik, memberi saran, atau menjabarkan konten yang ada dengan eBook untuk kemudian dijual di situs web Kamu.

3. Perangkat Lunak (Software)

Industri perangkat lunak sangat besar dan tumbuh secara konsisten. Industri ini juga sangat berpeluang. Kemampuan setiap orang untuk menulis kode (coding) apapun dapat menghasilkan produk baru yang bermanfaat. Baik itu perangkat lunak desktop, aplikasi berbasis web, template situs web, aplikasi seluler, permainan video, atau apa pun yang didukung oleh kode. Kemungkinannya tidak terbatas, dan pangsa pasarnya besar.

Jika Kamu berbicara (atau lebih tepatnya, menulis) bahasa kode, Kamu dapat mengembangkan banyak hal untuk berjualan secara online. Apakah Kamu memiliki pengalaman dengan aplikasi, plugin, tema, snippets, situs web, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Kamu dapat mengubah kode menjadi uang tunai.

4. Audio & Musik

Audio adalah media yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan, dan ada banyak jenis produk audio digital. Orang-orang membayar untuk trek audio yang menghibur mereka, menenangkan mereka, memberitahu mereka, menginspirasi mereka, dan membantu mereka mencapai sasaran bisnis; itu hanya beberapa contoh saja. Produk audio dapat meliputi:

  1. Rekaman perkuliahan
  2. Audiobook
  3. Pelajaran bahasa asing
  4. Murotal Al Qur’an
  5. Efek suara yang dapat digunakan kembali

5. Seni Grafis & Digital

Desainer grafis dan seniman digital dapat menciptakan berbagai macam produk yang unik dan bernilai jual. Mulai dari logo, template .PSD, paket ikon, tema PowerPoint, hingga karya seni asli, desainer dapat menerapkan keterampilan mereka dalam berbagai cara untuk menciptakan produk digital untuk dijual.

Desainer grafis dapat membuat dan menjual desain kartu, pola, kuas, latar (background), aset UI, dan banyak lagi. Seniman digital dapat menjual gambar dan sketsa. Seni asli yang telah selesai dengan kualitas luar biasa dapat dihargai lebih tinggi daripada karya desain grafis. Jika Kamu dapat memproduksi karya seni secara digital, ada baiknya menjual secara online (dan pastikan untuk melisensikannya dengan benar!).

6. Dokumen

Dokumen paling sering dalam bentuk potongan informasi (seperti laporan industri, manual, atau panduan) atau template (seperti lamaran atau proposal). Ada dokumen yang dilindungi kata sandi, dokumen yang menyertakan file besar, dokumen dengan variasi pada file yang sama (seperti variasi bahasa atau skema warna lain), dokumen yang cocok untuk model berulang (seperti laporan yang direvisi atau diperbarui secara berkala), dan dokumen yang dibagikan secara bebas.

Pernahkah Kamu menulis konten di situs web Kamu khusus untuk industri atau profesi Kamu? Jika demikian, pertimbangkan nilai pengemasan konten Kamu dan jual sebagai naskah atau kertas putih sehingga orang lain dapat belajar dari Kamu. Kamu telah membagikan pengetahuan Kamu di situs web Kamu. Mengolahnya menjadi dokumen yang berguna untuk dijual akan bermanfaat bagi Kamu maupun pengunjung situs Kamu.

7. Jasa & Layanan Profesional


Jasa, tentu saja bukan produk sama sekali. Namun, layanan ini sangat umum dijual dengan cara yang sama dengan produk digital. Jasa dan layanan dapat dijual dengan salah satu dari dua cara di bawah ini:

  • Sebagai layanan harga pasti. Biaya layanan telah ditentukan sebelumnya dan diketahui klien sebelum transaksi dengan penyedia layanan.
  • Layanan menyesuaikan kasus/persyaratan tertentu. Pekerjaan yang diperlukan disediakan oleh penyedia layanan, hasilnya ditunjukkan kepada klien, dan biaya disepakati oleh kedua belah pihak.

Dalam dunia eCommerce, batasan antara produk dan layanan menjadi sedikit tidak jelas, dan dalam banyak kasus, klien tidak terlalu peduli dengan perbedaannya. Klien dapat membeli logo pra-produksi sebagai produk dengan harga yang telah ditentukan. Mereka juga dapat membayar harga yang telah ditentukan di beberapa situs agar seseorang mendesain logo yang menghasilkan hasil akhir yang tidak jauh beda/sangat mirip.

Dengan banyak pekerjaan berbasis layanan, Kamu menjual waktu Kamu sebagai imbalan atas hasil tertentu, bukan produk. Atau, Kamu mungkin menjual waktu Kamu untuk produk yang sebelumnya dipesan lebih dahulu, produk unik hanya untuk satu klien itu.

Sekarang ini, semua jenis penyedia layanan memilih untuk menjual layanan mereka secara online. Ini adalah segmen lain dari produk digital yang tengah mendapat sorotan. Di bawah ini merupakan daftar singkat beberapa profesi yang bisa menjual layanan online:

  • Desainer grafis
  • Desainer web
  • Copywriter
  • Penerjemah
  • Konsultan
  • Pelatih kebugaran
  • Profesional hukum

8. Tiket

Meskipun pasti sangat berbeda dari produk digital lainnya sebab, fakta bahwa tiket (biasanya) hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu, berlaku di beberapa lokasi tertentu, dan (biasanya) ketersediaannya terbatas, tiket sangat umum dijual dengan cara yang sama dengan produk digital lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Pelanggan dapat membuat pilihan, membayar, dan menerima tiket mereka secara independen dan langsung melalui situs web penjual.

Tiket ini dapat membawa mereka ke konferensi, konser, karnaval, dan acara berbasis waktu lainnya, atau dapat juga untuk masuk ke taman hiburan, kebun binatang, dan museum yang mungkin tidak memberlakukan waktu tertentu. Tiket juga dapat dijual untuk pengalaman online seperti webinar, kelas, konferensi online, atau konferensi yang disiarkan langsung.

Tentukan Pilihan Produk Digital Yang Sesuai Minatmu

Banyak perubahan popularitas jenis produk digital tertentu untuk dijual, serta kemajuan teknologi untuk membuat penjualan produk digital jadi lebih mudah. Kursus, layanan, dan aplikasi web terus meningkat. Plugin WordPress, video, dan grafik masih sangat laris di pasaran. Era clip-art dan permainan berbasis Flash tampaknya sudah berakhir. Pastikan Kamu melihat bagaimana hal-hal akan berubah selama beberapa tahun ke depan untuk berinovasi dalam bisnis produk digital!

Leave a Reply

Cart

No products in the cart.